Sarasah Badarun, Gasang

Foto: Koleksi pribadi penulis

Sarasah Badarun, begitu masyarakat Maninjau – khususnya Jorong Gasang – akrab menyebutnya. Air terjun yang terletak di Jorong Gasang, Nagari Maninjau, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam ini, memiliki tujuh tingkat yang jalurnya bisa terus tembus ke Puncak Lawang.

Terletak kira-kira 500 meter dari jalan raya Maninjau – Lubuk Basung. Air terjun ini bisa dicapai hanya dengan 15 menit berjalan kaki dari pinggir jalan Jorong Gasang. Dengan trek yang tidak sulit, air terjun ini dapat menjadi pilihan destinasi wisata keluarga di hari libur. Saat sampai di lokasi air terjun, kita akan disambut oleh oleh pemandangan air terjun yang indah dengan hawa sejuk, sehingga membuat betah pengunjung.

Jika pengunjung ingin jalur yang lebih menantang. Pengunjung bisa memilih jalur Monggong, Panurunan, Gasang. Lewat trek ini, kita akan memasuki hutan, ladang dan juga persawahan milik warga. Dengan jalur yang lebih tinggi, pemandangan sepanjang perjalanan akan memberikan nuansa tersendiri, karena Danau Maninjau dan juga susunan sawah yang bertingkat-tingkat tampak majestik dari ketinggian ini.

Pembangunan kawasan Sarasah Badarun telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nagari Maninjau untuk periode 2019 -2025. Kita semua berharap agar program ini bisa terwujud, supaya kawasan Sarasah Badarun bisa menjadi objek wisata yang layak.

Share and Enjoy !

0Shares