Wisata

Taluak di Kembangkan Jadi Spot Pemancingan Nagari

Maninjau, Nagarimaninjau.id – Taluak dalam Bahasa Indonesia berarti teluk, yang memiliki definisi kira-kira tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan di batasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Pada pembahasan disini kita tidak akan memperdalam teluk secara maknawi, tapi yang kita bicarakan adalah, Taluak yang terdapat di jorong Kukuban Kenagarian Maninjau, yang sekarang banyak di jadikan bagi sebagian orang dari luar Maninjau sebagai Spot Memancing.

 

Kalau di lihat secara langsung dan dengan kondisi saat ini, memang tempat ini terlihat angker dan mengerikan. Ditambah lagi dengan adanya sejarah bahwasanya di sekitar daerah tersebut di tanam Ke dalam Danau “Batu Doto” yang merupakan salah satu batu prasasti yang menandakan asal muasal Nagari Maninjau, menurut keterangan dari Angku DT. Tanameh Tuo Almarhum.

 

Tapi bagi sebagian pemancing hal tersebut tidak menjadi acuan atau rujukan, yang membuat mereka takut dan gemetar saat berada di sana. Ardi (37) salah seorang pemancing yang berasal dari Embun Pagi, Kecamatan Matur, dia mengatakan memancing disini sangat menyenangkan, selain bisa menikmati keindahan alam Danau Maninjau, Spot disini juga memiliki ikan yang banyak. Biasanya dia dan teman-temannya bisa sampai 10 orang satu rombongan pergi memancing Ke Taluak.

 

 

Dari keterangan beliau tersebut dan potensi yang mungkin ada, tidak ada salahnya kita mulai berfikir bagaimana menjadikan areal ini, salah satu objek wisata di Nagari Maninjau. Khusus dijadikan sebagai areal atau lokasi pemancingan resmi yang di kelola oleh Nagari. Kalau ini di wujudkan, bisa jadi tempat ini akan menghasilkan income bagi nagari dan meningkatkan penghasilan serta membuka lapangan kerja baru bagi warga jorong Kukuban.

Share and Enjoy !

0Shares