Visi dan Misi

Visi dan Misi Nagari Maninjau

Visi:

BASAMO KITO MALANJUTKAN PEMBANGUNAN NAGARI”. 

Basamo/Bersama adalah semua, maksudnya melibatkan seluruh sumber daya yang ada di Nagari demi tercapainya cita-cita pembangunan, baik itu sumber daya alam, manusia dan berbagai potensi lainnya yang ada di nagari. Hal ini seiring dengan asas gotong royong yang selalu menjadi cirri khas kita Bangsa Indonesia, dimana suatu pekerjaan akan terasa mudah jika dikerjakan bersama-sama.

Malanjutkan/melanjutkan adalah meneruskan, menyambung. Maksudnya visi yang akan dicapai adalah dengan cara meneruskan berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Hal ini dilakukan tanpa menutup kemungkinan terhadap program-program baru untuk dilaksanakan selama itu bermanfaat untuk nagari.

Pambangunan/Pembangunan adalah suatu tindakan, kegiatan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, taraf hidup/kesejahteraan anak Nagari di berbagai bidang, dan menciptakan Nagari yang Madani, asri, berbudaya, dan melek teknologi. Hal ini dapat dilihat dari beberapa ukuran sebagai berikut:

  1. Terciptanya masyarakat yang siap menyongsong Indonesia emas, yang telah dibekali dengan berbagai life skill sehingga siap bersaing mengikuti kemajuan zaman.
  2. Tercukupi kebutuhan sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan secara wajar dan layak.
  3. Terlaksananya pembangunan secara berkelanjutan dengan memanfaatkan potensi Sumberdaya Alam Nagari secara berdaya guna dan berhasil guna untuk kemakmuran rakyat dengan tetap mempertimbangkan nilai-nilai Agama dan Adat IstiAdat serta lingkungan.
  4. Terwujudnya pembangunan yang bersifat partisipatif dalam bentuk pemberdayaan masyarakat sehingga aktifitas pertumbuhan ekonomi Nagari diharapkan dapat berkembang secara adil dan merata.
  5. Terciptanya Nagari Maninjau yang tertata rapi, bersih dan asri dengan mengedepankan pola pembangunan berwawasan lingkungan.

 

Misi:

Berdasarkan Visi Nagari Maninjau diatas maka Misi Pembangunan Nagari Maninjau tahun 2019-2025 adalah sebagai berikut:

  1. Peningkatan pelayanan masyarakat
  2. Pelaksanaan pembangunan infrastruktur sesuai kebutuhan masyarakat
  3. Peningkatan kegiatan keagamaan
  4. Oktimalisasi lahan-lahan tidur
  5. Pembangunan wisata yang sesuai dengan sumber daya alam
  6. Pemberdayaan tenaga kerja bagi generasi muda
  7. Peningkatan pertanian dengan menggiatkan kelompok tani
  8. Peningkatan kegiatan pemuda di bidang seni budaya, olah raga dan keterampilan yang bersifat positif
  9. Lebih meningkatkan rasa kebersamaan di bidang kegotongroyongan
  10. Mengembangkan umkm nagari dan mencarikan pemasaran bagi usaha-usaha rumah tangga yang ada di nagari maninjau.

 

 

Share and Enjoy !

0Shares