PPNB NAGARI MANINJAU: PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK

Tim Pengabdi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang dengan ketua Dr Elfi Tasrif, M.T, dan anggota Dr. Yuliana, S.P., M.Si dan Syukhri, S.T. M.CIO, kembali melaksanakan kegiatan Program Pengembangan Nagari Binaan (PPNB) di Nagari Maninjau untuk tahun ketiga.  Setelah pembukaan kegiatan pengabdian, Tim melaksanakan pelatihan dan pendampingan lanjutan kepada pengelola web Nagari Maninjau yang baru maupun yang lama. Penggantian tim pengelola web nagari terjadi disebabkan dua orang staf Nagari Maninjau diangkat menjadi CPNS di daerah.

Tujuan yang ingin dicapai dalam PPNB tahun ketiga ini adalah:1) Pelatihan e-commerce/ pembuatan program pemasaran paket wisata dan kuliner unggulan nagari, 2) Pengelolaan UMKM di Nagari Maninjau berbasis TIK, dan 3) Pembuatan video promosi pariwisata dan kuliner unggulan Nagari Maninjau.

Guna mencapai tujuan tersebut dan meningkatkan kualitas layanan publik di Nagari Maninjau, tim pengabdi memfasilitasi pemasangan Local Area Network (LAN) dan Wireless router  yang berguna untuk menyediakan akses ke Internet atau ke jaringan komputer personal. Pemasangan dilakukan di setiap ruangan staf Nagari Maninjau dan  pemasangan Access point  di aula kantor wali nagari yang memiliki fungsi utama sebagai pemancar sinyal internet. Selain itu fungsi access point lainnya juga meliputi pengaturan konektivitas yang kompleks. Pelaksanaan kegiatan melibatkan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Selanjutnya pelatihan e-commerce diberikan kepada pengelola web Nagari Maninjau dengan tujuan dapat untuk menyebarkan, mempromosikan dan menjual produk wisata dan kuliner unggulan Nagari Maninjau lebih luas.

Gambar: Dokumentasi Kegiatan

Kontributor: afifah Nur Hasanah

Admin : Rahmat Hidayat, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.