Generasi Muda Jorong Kubu Baru dan Suku Malayu Nagari Maninjau Latihan Silek Taralak

nagarimaninjau.id, Maninjau – Dalam rangka pelestarian silek dan mengenalkan kebudayaan leluhur terdahulu. Generasi muda Jorong Kubu Baru dan Suku Malayu, berkumpul di Sasaran Silek Taralak Nagari Maninjau, untuk mengikuti latihan Silek Aliran Taralak, Jorong Kubu Baru Nagari Maninjau, selasa (22/9).

Seni tradisi merupakan bagian dari identitas masyarakat Minang yang harus kita jaga dan lestarikan, silek khususnya harus senantiasa diwariskan kepada generasi muda,” ujar Raynaldo selaku ketua Pemuda Jorong Kubu Baru yang turut hadir dalam acara tersebut. Dia menyebut, pihaknya optimis akan kelestarian seni beladiri warisan menjadi kebanggaan, sebab  cukup banyaknya anak muda yang ikut andil dalam setiap kesempatan latihan.

Dua orang murid latihan berpasangan

Kegiatan ini dilaksanakan 2 x seminggu yakni pada hari selasa dan sabtu malam setelah shalat isya. Lanjutnya, dalam silek banyak terkandung nilai-nilai dan falsafah pengajaran hidup yang terdapat didalamnya. Hal ini karena selalu diajarkan oleh para guru atau tuo silek dalam setiap kali memberikan pengarahan sebelum atau sesudah latihan. Diharapkannya, dengan semakin seringnya latihan, akan semakin memotivasi anak muda untuk lebih mencintai beladiri tradisi dan menanamkan nilai budaya pada generasi muda.

Salah seorang guru Silek, Pak Ujang mengatakan, generasi muda merupakan penerus yang akan melanjutkan perjuangan guru-guru silat di Maninjau, dengan harapan semoga kedepannya aliran Silek Taralak ini tidak tergerus dengan perkembangan zaman dan teknologi. Selain itu silat dapat menjadi bekal para generasi muda bila suatu saat nanti pergi merantau, tutupnya.

 

 

Penulis : Rahmat Hidayat, S.Pd

Admin : Rahmad Afriadi, A.Md

 

Share and Enjoy !

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *