UNP Gelar Pelatihan Jurnalistik dalam PPNB di Maninjau dan Payo

nagarimaninjau.id, Maninjau – Universitas Negeri Padang menggelar pelatihan jurnalistik dalam Program Pengembangan Nagari Binaan Di Nagari Maninjau Kabupaten Agam dan Payo Kelurahan Tanah Garam Kota Solok tahun 2021, menggunakan aplikasi Zoom Meeting, (14/09). Kegiatan ini di ikuti oleh 89 orang partisipants yang berasal dari berbagai unsur yang ada di Nagari Maninjau Kabupaten Agam dan Payo Kelurahan Tanah Garam Kota Solok yang dibuka oleh Bapak Yohandri, M.Si, Ph,D selaku ketua LP2M Universitas Negeri Padang dan Alfian, Dt Kayo Selaku Wali Nagari Maninjau.

Dalam pelatihan ini yang menjadi narasumber adalah Ibu. Dewi Anggraini, S.Pd, M.Pd, Dosen FBS Universitas Negeri Padang, yang mana beliau juga Tim Redaksi Majalah UNP, dengan materi tentang Menulis Berita dan Feature.

Yohandri, M.Si, Ph,D yang juga anak nagari Maninjau, menyatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk membekali peserta pelatihan agar mampu meningkatkan kualitas dan menciptakan minat dalam bidang menulis atau memproduksi karya jurnalistik baik untuk media cetak, online atau media sosial.

Dr. Elfi Tasrif, MT selaku Ketua Program Pengembangan Nagari Binaan di Nagari Maninjau dalam arahannya, “kegiatan ini dapat menjadi bekal para peserta untuk menggali bakat menulis mereka sehingga mampu menginformasikan sebuah berita dalam suatu media, baik cetak, online, atau medsos dengan baik dan benar. Dan yang terpenting bisa mengangkat dan menggambarkan potensi daerah mereka masing-masing, ujarnya”.

Selain itu, Ibu Dr. Yuliana, SP., M.Si selaku Ketua Program Pengembangan Nagari Binaan di Payo Kelurahan Tanah Garam Kota Solok, menegaskan dalam kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan jurnalis-jurnalis nagari yang handal, guna mendukung promosi daerahnya masing-masing kepada khalayak ramai .baik di tingkat nasional ataupun internasional jika memungkinkan. Tentunya dengan mengikuti pelatihan jurnalistik ini mereka dapat mengeksploitasi sebuah informasi lebih dalam.

Alfian, Dt Kayo, selaku Wali Nagari Maninjau menuturkan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dari Universitas Negeri Padang yang telah memfasilitasi kegiatan ini, dimana kegiatan ini sangat bermanfaat dan tentunya sangat berguna bagi Nagari Maninjau khususnya. Karena dengan adanya kegiatan ini dapat melahirkan jurnalis yang khusus mempromosikan nagari ke dunia luar secara benar dan teredukasi di dalam penulisan. Sehingga nantinya apa yang telah digoreskan dengan pena digital ataupun Website Nagari bisa dipertanggung jawabkan.

Tampak jelas raut wajah antusiasme dari 89 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Pasalnya materi yang diberikannya pun beragam diantaranya teori penulisan berita, menulis indept news dan feature, foto jurnalistik, edukasi memviralkan sebuah informasi. Tidak hanya itu para peserta juga diajak langsung berinteraksi dengan adanya sesi tanya jawab, dan kepada peserta yang mengajukan pertanyaan penyelenggara juga memberikan doorprise.

 

Penulis  :  Rahmat Hidayat, S.Pd

Admin    :  Rahmad Afriadi, A.Md

Share and Enjoy !

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *