Pelayanan Administrasi Di Disdukcapil Agam Bisa Di Urus Di Nagari

Nagari Maninjau – Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Agam, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Agam mengadakan program yang dinamakan Silek Online, dimana program ini bertujuan memudahkan masyarakat dalam pengurusan: Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Surat Pindah, Pembaharuan KTP, sudah dapat dilaksanakan dan diurus di Kantor Wali Nagari Maninjau tanpa harus ke (DISDUKCAPIL) Kabupaten Agam.

Menurut Alfian Datuak Kayo, selaku Wali Nagari Maninjau, Jum’at (3/9/2021) program ini sangat membantu masyarakat dan memudahkan dalam pengurusan surat menyurat, dimana dengan adanya program ini dapat meminimalisir penumpukkan massa di Kantor (DISDUKCAPIL) Kabupaten Agam, apalagi dengan situasi saat ini kita masih dalam suasana mencekam akibat wabah covid 19. Selain itu kegiatan ini juga bisa menghemat waktu warga, dimana selama ini bila mengurus surat di (DISDUKCAPIL) bisa memakan waktu seharian mengingat jarak tempuh yang cukup jauh dari Maninjau.

Emilia Anwir, S.Sos, selaku Kasi Pemerintahan dan Fitra Andela, S.Pd selaku Kasi Pelayanan Nagari Maninjau, secara bersama menyampaikan yang menjadi syarat-syarat pengurusan surat:

  1. Akte Kelahiran dengan menyertakan (KK Asli, Buku Nikah Asli/Legalisir, Surat Keterangan Lahir Asli, KTP Asli Ayah, Ibu, 2 Orang Saksi).
  2. KIA (Kartu Identitas Anak) dengan menyertakan (KK Asli, Akte Kelahiran Asli, Pas Foto Anak (Usia Diatas 5 Tahun).
  3. Akte Kematian dengan menyertakan (KK Asli, Surat Keterangan Kematian Asli, KTP Asli 2 Orang Saksi dan Pelapor).
  4. Surat Pindah dengan menyertakan (KK Asli, Alamat Pindah).
  5. Kartu Keluarga dengan menyertakan (KK Asli, KK Asli Pasangan, Buku Nikah Asli/Legalisir).

 

 

 

 

Penulis          : Rahmat Hidayat, S.Pd

Admin           : Rahmad Afriadi, A.Md

Share and Enjoy !

0Shares

One thought on “Pelayanan Administrasi Di Disdukcapil Agam Bisa Di Urus Di Nagari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *