UNP Berikan Pelatihan Optimalisasi Tata Kelola Arsip Bagi Perangkat Nagari Maninjau

Nagari Maninjau – Universitas Negeri Padang bekerja sama dengan Pemerintah Nagari Maninjau dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menyelenggarakan Pelatihan Optimalisasi Tata Kelola Arsip Perangkat Nagari Maninjau yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 13 s.d 15 Agustus 2021, bertempat di Aula Kantor Wali Nagari Maninjau, yang di ikuti oleh seluruh Perangkat Nagari dan beberapa orang perwakilan Bamus. Kegiatan ini direncanakan akan dilanjutkan pada bulan september dengan materi pelatihan lanjutan, terkait sampai sejauh mana penerapan ilmu yang telah diberikan, ujar Ibu Malta Nelisa, S.Sos, M.Hum, selaku Narasumber.

Ibu Malta Nelisa, S.Sos, M.Hum saat memberikan materi

Saat ini kami juga di dampingi oleh Ibu Dr. Yenni Hayati, SS, M.Hum, Ibu Yulianti Rasyid, S.Pd, M.Pd, Ibu Jeihan Nabila, S.IIP, M.I.Kom dan dua orang Mahasiswa Anggi dan Lisa Novia dari Fakultas Bahasa Sastra dan Seni UNP. Dalam pelatihan ini akan diberikan materi mengenai, penulisan surat dinas, klasifikasi arsip, pemberkasan dan penataan arsip, retensi arsip serta pengelolaan arsip elektronik, tutupnya”.

Perserta pelatihan sedang mendengarkan materi

Menurut Asrul Hidayat selaku Sekretaris Nagari, arsip sangat penting sebagai landasan dalam membuat keputusan yang cepat dan tepat. Beliau pun mengimbau agar meninggalkan cara-cara lama dalam pengarsipan yang pengelolaannya tidak efisien, akses lamban, dan penyimpanan tersebar di mana-mana, demi tercipta pelayanan di kantor nagari Maninjau yang optimal.

Alfian Dt. Kayo selaku Wali Nagari Maninjau dalam sambutannya kepada seluruh peserta, mari kita gunakan kesempatan saat mengikuti pelatihan ini untuk mengikuti kurikulum seoptimal mungkin, dengan bersikap pro-aktif dengan penuh kedisiplinan serta ketekunan agar nantinya saudara memiliki pemahaman yang mendalam dan mampu mengimplementasikan kearsipan dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawab jabatan,’’tutupnya.

Serah terima cendera mata dari Narasumber

Dalam kesempatan ini narasumber juga memberikan cendera mata yaitu beraneka macam alat tulis kantor, guna memudahkan peserta dalam melakukan pengelolaan arsip ke depannya.

 

 

Penulis : Rahmat Hidayat, S.Pd

Admin : Rahmad Afriadi, A.Md

 

Share and Enjoy !

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *