BAMUS MANINJAU DIBERIKAN PENINGKATAN KAPASITAS

Maninjau, nagarimaninjau.id – Guna meningkatkan kapasitas Bamus Nagari dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Pemerintah Nagari Maninjau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) menyelenggarakan “Peningkatan Kapasitas” bagi Badan Musyawarah (Bamus) Nagari yang baru di lantik 12 Hari yang lalu, Senin (30/11/2020).

Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama 3 Hari, mulai tanggal 30 November, 1 Desember, dan 3 Desember 2020. Kegiatan ini di ikuti oleh 5 orang Anggota Bamus Nagari Maninjau, yakni Ketua: Ade Wijaya, Mangkuto Ameh, Wakil Ketua: Zulfiyandri, S.Pd, Datuak Putiah, Sekretaris: Rahmat Hidayat, S.Pd, Sutan Sinaro dan Anggota: Dra. Yasni Syukri dan Muhammad Gusti, S.PdI, Kari Sulaiman. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Wali Nagari Maninjau tersebut dibuka oleh Wali Nagari Maninjau Alfian Datuak Kayo.

Dalam sambutannya Wali Nagari Maninjau menyampaikan, Bamus Nagari mempunyai peranan yang besar sebagai Lembaga Pemerintahan Nagari. Untuk itu, Bamus juga dituntut untuk memahami pokok-pokok kebijakan, karena Bamus Nagari diharapkan dapat menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan pemerintah nagari dan lembaga nagari lainnya. Semoga dengan kerja sama yang harmonis bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat Nagari Maninjau Kedepannya.

Adapun, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Agam, Bapak Zulkarnaini, SAP, selaku Kepala Bidang Bina Pemerintahan Nagari.

Dalam materinya beliau menjelaskan tentang bagaimana seharusnya Bamus Nagari dapat mengetahui dan memahami dahulu, tugas serta fungsi dari Bamus Nagari tersebut. Berdasarkan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 dan Perda Agam Nomor 5 Tahun 2019. Dengan adanya pemahaman konsep berdasarkan aturan Pemerintah, maka Bamus akan bersinergi dalam melaksanakan tugasnya membangun Nagari Bersama Wali Nagari.

Tambahnya beliau menyatakan, bagaimana mungkin Bamus nagari akan mampu menyusun dan mengesahkan Rancangan Peraturan Nagari dengan baik, bila Bamus tersebut belum memahami tugas dan fungsinya berdasarkan aturan pemerintah yang berlaku, tutupnya.

Share and Enjoy !

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *