Pesi Sup Dari Danau Maninjau

Maninjau, nagarimaninjau.id – Ketika menyebut Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, pasti yang terbayang di benak kita adalah indahnya pemandangan alam serta nikmat nya olahan khas kuliner Danau Maninjau. Salah satunya Pesi atau sebagian orang menyebutnya Pensi.

Pesi adalah sejenis karang air tawar yang berukuran kecil, kira-kira seukuran uang logam 100 rupiah. Pesi ini merupakan salah satu tangkapan khas dari Danau Maninjau selain rinuak yang telah kita bahas sebelumnya, yang dapat diolah menjadi cemilan.

Biasanya masyarakat setempat mengolahnya menjadi pesi asin atau orang Maninjau menyebutnya “Pesi Sup”. Pesi sup ini sangat banyak dijajakan di Jorong Gasang, Kenagarian Maninjau. Terpantau ada sekitar 30 lebih pedagang yang berjualan Makanan khas olahan Danau Maninjau ini di sepanjang jalan Lubuk Basung – Bukittinggi.

Sekarang dengan koordinasi yang baik antara Pemerintah Nagari Maninjau dengan Universitas Negeri Padang sebagai nagari binaan UNP. Pedagang yang terpantau tadi di ajak untuk bekerja sama, dalam hal pengolahan dan penjualan secara professional. Semoga dengan adanya pembinaan dari UNP, makanan olahan ini bisa jauh lebih baik lagi dari segala aspek, sehingga dapat neningkatkan pendapatan pedagang, Tutup Alfian Datuak Kayo Selaku Wali Nagari Maninjau.

Share and Enjoy !

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *