HIKAYAT KANDANG HARIMAU DAN HARAPAN

MANINJAU, nagarimaninjau.id – Bila menyebut tentang Harimau, tentunya akan membuat orang yang bercerita dan yang mendengar cerita tersebut akan merasa ngeri. Karena hewan ini adalah binatang buas dan penguasa hutan belantara.

Namun beda lagi ceritanya, bagi masyarakat Nagari Maninjau, yang memiliki sebuah tempat yang dinamai dengan “Kandang Harimau”. Tempat ini terdapat di Jorong Kubu Baru, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya.

Mutia Mahmud Anak Dari Almarhum Mahmud Datuak Bandaro Sati yang merupakan salah satu perantau yang berasal dari Nagari Maninjau. Menceritakan sejarah penamaan “Kandang Harimau” berdasarkan hikayat yang didapatnya dari nenek dari ibunya, waktu beliau masih kecil. Konon katanya Harimau yang mendiami Nagari Maninjau ini, sangat jinak seperti hal nya kucing. Harimau tersebut sangat banyak berkeliaran ditengah hutan dan di pemukiman penduduk. Harimau-harimau tersebut tidak lah buas dan sangat bersahabat dengan penduduk, bahkan harimau tersebut yang menjaga penduduk dan ternak, dari serangan binatang buas lainnya. Untuk menghormatinya di buatkanlah kandang sebagai tempat harimau tersebut bernaung. Maka dinamailah tempat tersebut dengan nama “Kandang Harimau”.

 Saking hormatnya orang Maninjau pada Harimau, untuk menyebutnya saja, ada panggilan khusus yang digunakan yaitu dengan sebutan “Inyiak”. Dengan adanya hubungan yang baik antara Manusia dengan “Inyiak”, konon kabarnya harimau-harimau tersebut tidak pernah mengganggu orang Maninjau, katanya.

Alfian Datuak Kayo juga menambahkan, dari cerita itulah kita sekarang generasi penerus Nagari Maninjau, harus lebih proaktif untuk menggali sejarah dan potensi daerah-daerah yang dulu pernah mencatatkan sejarah dimasanya, untuk di garap kembali sesuai dengan perkembangan zaman.

Lanjutnya daerah ini sangat memungkinkan untuk dijadikan daerah Agro Wisata, karena saat ini warga jorong kubu baru sudah mulai banyak yang kembali menggarap lahan-lahan tertinggal di daerah seputaran kandang harimau. Semoga potensi daerah ini kembali menggeliat dan mungkin saja menorehkan sejarah baru, tungkasnya.

Share and Enjoy !

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *