Memahami Sosok Pahlawan Bagi Diri Sendiri

MANINJAU, nagarimaninjau.id – Anak nagari Maninjau khususnya kawula muda atau biasa di sebut generasi milenial, mungkin sudah lupa atau bahkan ada yang tidak tau dengan sosok HR Rasuna Said. Yang merupakan pejuang wanita kemerdekaan yang berasal dari Nagari Maninjau.

Rasuna Said bernama lengkap Hajjah Rangkayo Rasuna Said, lahir pada 14 September 1910 Di Panyinggahan Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, dan meninggal dunia pada 2 November 1965 pada umur 55 tahun. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Pejuang yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri dengan selalu mengenakan kerudung sebagai wanita minang yang memegang teguh prinsip dan nilai yang terkandung dalam agama Islam. Beliau tidak hanya berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, tetapi juga untuk menciptakan emansipasi wanita.

Dalam hal ini penulis tidak akan menceritakan secara detail siapa sosok HR Rasuna Said, karena di media browser yang ada sejarah beliau sangat lengkap. Namun disini penulis sedikit tergerak untuk mengulik, ke diri kita masing-masing termasuk penulis sendiri, sebagai orang maninjau atau anak nagari maninjau, tentang: “sejauh mana kita berbuat untuk nagari ini??? Atau Apa saja yang telah kita lakukan demi meneruskan perjuangan para pendahulu kita??? Atau apakah kita masih bangga mengatakan “ha beliau tu pejuang dari kampuang awak mah”… Tentunya yang bisa menjawab pertanyaan tersebut adalah diri kita masing-masing.

Untuk itu demi menyikapi pertanyaan dan pernyataan di atas, di moment hari pahlawan ini, mari kita bersama-sama saling bahu-membahu untuk memikirkan dan berbuat demi kemajuan nagari dan bangsa ini, sejauh dengan kemampuan dan posisi kita masing-masing. Agar perjuangan pendahulu kita tidak sia-sia karena meninggalkan kemerdekaan ini pada generasi dan orang-orang yang masih tertinggal.

Semoga saja di kemudian hari akan muncul Rasuna Said dalam versi dan cara yang berbeda, yang akan memperjuangkan tanah airnya… AAmiin

 

Created: Rahmat Hidayat, S.Pd, Sutan Sinaro

 

Share and Enjoy !

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *