Rinuak Ikan Fenomenal dari Danau Maninjau

Rinuak adalah salah satu ikan endemik yang berasal dari danau Maninjau dengan nama latin Psilopsis sp, ikan ini berukuran sangat kecil kira-kira seukuran 1 batang korek api. Meskipun kecil ikan ini sangat gurih dan enak bila di sajikan menjadi panganan. Bahkan bila anda berkunjung ke Maninjau, belum afdhal rasanya bila anda belum merasakan nimatnya ikan yang satu ini.

 

Beberapa tahun yang lewat ikan ini sempat menghilang dari peredaran, artinya hilang dari danau maninjau. Entah apa yang menjadi penyebabnya, penulis pun tidak memahaminya, anggap saja gejala alam dan hanya ahli yang berkompeten yang dapat mengetahuinya. Bahkan pernah pada sekitar tahun 2016 hingga 2017, harganya bisa mencapai 100 ribu rupiah perkilonya itupun kalau ada nelayan yang menangkapnya.

 

Alhamdulillah saat ini rinuak sudah kembali normal, dan pedagang pun sudah mulai kembali menjajakannya di pasar-pasar tradisional yang ada di salingka danau Maninjau dengan harga di kisaran 15 – 20 ribu rupiah.

 

Semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi dimasa yang akan datang, agar anak cucu kita masih bisa menikmati ikan yang fenomenal dari danau maninjau ini. Supaya hal ini bisa terwujud maka dari sekarang tidak ada salah nya kita bersama-sama bahu membahu untuk menjaga kelestarian danau maninjau.

Pembahasan lebih lanjut tentang pengolahan panganan menggunakan rinuak dapat di lihat disini.

 

Share and Enjoy !

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *