Musajik Ba Lauak Saribu

 

Musajik Ba Lauak Saribu jika di Bahasa Indonesia kan kira-kira berarti Mesjid yang memiliki seribu ikan, Mesjid ini adalah “Mesjid Al Ihsan Gasang” satu dari tiga mesjid besar yang ada di kenagarian Maninjau. Mesjid ini dibangun pada tahun 1915, tepatnya Jorong Gasang Kenagarian Maninjau, persis di pinggir Danau Maninjau.

Mesjid ini selain nyaman sebagai tempat beristirahat, karena berada di perlintasan jalan raya Lubuk Basung – Bukittinggi,  ada hal menarik lain yang juga bisa di nikmati di sini. Yaitu mesjid ini memiliki kolam ikan, atau warga sekitar menyebutnya dengan Tabek Musajik, yang di huni oleh ikan jenis Nila dan Majalaya yang berukuran 1 hingga 3 kilo, dengan jumlah mencapai ribuan dan cukup besar untuk ikan dengan jenis tersebut.

Ikan ini sengaja di pelihara oleh pihak mesjid, sebagai salah satu objek wisata yang akan di lihat oleh setiap orang yang melintasi daerah gasang dan shalat di Mesjid Al Ihsan. Menurut salah satu pengurus mesjid Busra Algeri “Ikan ini akan di jual bila mana mesjid membutuhkan dana, dalam memenuhi kebutuhan operasional, ataupun melakukan renovasi.

Sementara dilain pihak Ketua Pengurus Mesjid Al ihsan Erland  Datuak Pamuncak Menuturkan “semoga kedepannya dengan pengelolaan yang baik, mesjid ini bisa di jadikan salah satu destinasi wisata religi,’tutupnya.

Share and Enjoy !

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *